Jumat 23 Aug 2013 14:15 WIB

Ganjar-Heru Resmi Pimpin Jateng

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Mansyur Faqih
Ganjar Pranowo (kiri) dan Heru Sudjatmoko (kanan)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Ganjar Pranowo (kiri) dan Heru Sudjatmoko (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ganjar Pranowo-Heru Widjatmoko resmi memimpin Jawa Tengah untuk masa jabatan lima tahun mendatang. Hari ini, Mendagri Gamawan Fauzi melantik pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih Jawa Tengah periode 2013-2018 di gedung DPRD Jawa Tengah, Jumat (23/8).

Ganjar-Heru menggantikan pejabat gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah sebelumnya, Bibit Waluyo-Rustriningsih. Pelantikan Ganjar dan Heru dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa DPRD yang dipimpin Rukma Setiabudi.

Dalam sambutannya, Gamawan mengapresiasi proses demokrasi di Jawa Tengah. Ini menyusul suksesnya pelaksanaan pemilukada yang dilaksanakan pada 26 Mei lalu.

Rakyat Jawa Tengah dapat melaksanakan proses dan tahapan demokrasi ini dengan lancar tanpa ada persoalan. Meski suasana kompetisi Pemilukada Jawa Tengah sangat terasa, namun tidak sampai menimbulkan gesekan di tengah masyarakat.

"Semua proses ini dilaksanakan dengan baik, tanpa menyisakan sengketa pemilukada dan sampai saat ini tidak ada gugatan atas kemenangan pasangan terpilih ini," ungkap Gamawan di hadapan tamu undangan.

Pada bagian lain, ia juga mengingatkan tantangan tugas dalam memimpin masyarakat Jawa Tengah, ke depan. Terutama dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Tengah yang saat ini sudah mencapai angka 72,77 persen.

Sebab, lanjutnya, Jawa Tengah masih memiliki jumlah penduduk miskin hingga 4,6 juta jiwa atau sekitar 14,9 persen. Ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata angka kemiskinan nasional yang hanya mencapai sekitar 11,66 persen.

Untuk itu, ia berharap Ganjar-Heru dapat membuktikan komitmen yang dijanjikannya dalam kampanye kepada masyarakat Jawa Tengah. Gamawan juga melihat Ganjar merupakan sosok yang sudah berpengalaman dalam selama memimpin Komisi II DPR.

Sedangkan Heru Sudjatmoko juga memiliki pengalaman sebagai birokrat. "Saya yakin, kombinasi ini akan dapat membawa kemajuan bagi Jawa Tengah," tambah Gamawan.

Sementara itu, usai proses pelantikan ini, Ganjar juga mengikuti proses pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah dan menemui para pendukungnya di arena pesta rakyat yang digelar di depan kantor Gubernur Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, ia tak lupa menyampaikan terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan kepadanya.

Ia pun berjanji akan mewujudkan perubahan dalam membawa kemajuan Jawa Tengah. "Tolong ingatkan dan jewer saya, jika selama memimpin Jawa Tengah masih ada kekurangan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement