Rabu 21 Aug 2013 20:31 WIB

Mantan Pegawai Pertamina Stres Ditipu 'Pengacara' Khadafi Rp3,5 M

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Penipuan Keuangan (Ilustrasi)
Foto: BUSTHATHIEF.COM
Penipuan Keuangan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pegawai PT Pertamina, MH, terpukul dan stress karena ditipu Rp 3,5 miliar lewat internet. Ia bingung karena uang tersebut adalah uang yang dikumpulkan dari sejumlah temannya.

Kepala Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya, AKBP Audie Latiheru, Rabu (21/8), mengatakan, ''Dia stres sampai sakit karena bingung mengembalikannya."

Awalnya, korban membaca sebuah informasi di media sosial tentang pencarian masyarakat yang peduli aset mantan presiden Libya, Moammar Khadafi. Kemudian MH yang tertarik, berkomunikasi dengan pelaku penipuan lewat chatting.

OCK mengaku sebagai Miss Alif dari Libya. Ia mengaku berprofesi sebagai pengacara salah satu anak Khadafi. Namun, ketika terjadi perang di Libya dan Khadafi tewas, keluarga Khadafi kocar-kacir. Aset keluarga Khadafi sebesar 15,5 juta Dollar As tercecer.

Pelaku yang mengklaim punya hak mengelola harta Khadafi, memberikan tawaran 30 persen dari aset tersebut jika berhasil diselamatkan dengan cara dibawa ke Indonesia. Akhirnya, pelaku berhasil menipu korban Rp 3,5 miliar.

AKBP Audy mengatakan, penipuan yang didapatkan MH merupakan pelajaran kepada pengguna internet agar tidak langsung percaya dengan penawaran yang menggiurkan. Masyarakat harus menguji penawaran menggiurkan tersebut dengan logis.

Dikatakan Audi, mungkinkah ada orang yang rela memberikan jutaan dolar hanya dengan membantu miliaran rupiah. ''Kita harap masyarakat tidak mudah percaya,'' kata Audie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement