Senin 19 Aug 2013 12:54 WIB

Jokowi dan Ahok, Tokoh Politik Idola Anak Muda

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Fernan Rahadi
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama.
Foto: Ismar Patrizki/Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahya Purnama (Ahok) memiliki reputasi yang cukup baik di mata khalayak muda. Hal itu terungkap dari hasil riset terbaru, Prapancha Research (PR).

''Temuan ini muncul di tengah-tengah buruknya citra dunia politik di mata masyarakat,'' kata Rendy Mahesa, analis PR, di Jakarta, Senin (19/8).

Dalam riset terbaru tersebut terdapat lima tokoh politik terpopuler di mata anak muda di jejaring sosial yang secara berurutan adalah Jokowi, Ahok, Dahlan Iskan, Mahfud MD, dan Gita Wirjawan.

Pantauan PR dibatasi tujuh hari ke belakang (10 Agustus 2013 - 17 Agustus 2013) dengan total 230 ribu percakapan, yang dimaksudkan untuk mengetahui persepsi publik termutakhir yang berkembang perihal tokoh-tokoh politik.

Dalam temuan PR, dua tokoh teratas yakni Jokowi dan Ahok jauh meninggalkan yang lainnya baik dalam hal popularitas maupun skala sentimen positif. ''Pernyataan-pernyataan tegas Ahok terkait kebijakan Pemda DKI menuai sentimen yang positif dari sampel akun anak muda yang kami pilih secara acak.  Dengan adanya konflik penataan PKL tempo hari, kuantitas perbincangan naik,'' jelas Rendy.

Sementara Jokowi, ungkap Rendy memang sudah konstan diperbincangkan secara positif dengan kuantitas tinggi, termasuk di kalangan anak-anak muda,'' terang Rendy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement