Ahad 18 Aug 2013 21:34 WIB

Wakil Wali Kota Ikut Lomba Makan Kerupuk

Kerupuk
Foto: wikipedia
Kerupuk

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru'yat ikut lomba makan kerupuk untuk memeriahkan HUT Ke-68 RI di Perumahan Graha Indah, Kelurahan Kedung Halang, Bogor Utara, Ahad (18/8).

Achmad memenangkan lomba makan kerupuk yang digelar warga Perumahan Graha Indah RT02/RW08 Kelurahan Kedung Halang itu.

"Saya jadi teringat masaa kecil saya sering ikut lomba 17 Agustus. Ikut lomba makan kerupuk itu harus kuat menggigit supaya gigitan tidak terlepas," katanya usai mengikuti lomba.

Selain menjadi peserta lomba makan kerupuk, Ru'yat juga ikut bermain adu bunga bayam dengan anak-anak usia di bawah 10 tahun.

"Semasa kecil dulu saya juga sering bermain adu bayam, Tapi, sekarang jarang lihat ada yang main ginian. Jadi kayak kembali ke masa kecil," ujarnya.

Achmad mengapresiasi upaya pemuda dan warga Graha Indah yang telah membangkitkan kembali permainan tradisional itu.

Menurut dia, permainan tradisional tersebut perlu terus digalakkan agar rasa kebersamaan dan persaudaraan tercipta di antara warga.

"Perlu kita apresiasi karena itu artinya anak-anak muda tidak lupa pada hal-hal tradisional yang sebenarnya banyak filosofinya," katanya.

Adu bunga bayam merupakan permainan masa lampau yang saat ini sudah ditinggalkan, seiring dengan maraknya permainan modern.

Alat permainan itu terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal warga, yakni bunga bayam yang bentuknya  seperti jengger ayam, kayu, paku, benang, dan keramik bekas untuk menggesek paku agar benang yang terpasang di paku bergetar.

Getaran benang yang diakibatkan oleh gesekan pada paku itu, membuat bunga bayam di atas benang akan bergerak sendiri seperti layaknya mobil-mobilan.

Peringatan HUT Ke-68 RI di Kota Bogor berlangsung meriah. Sejumlah warga menggelar aneka perlombaan, seperti makan kerupuk dan menyanyi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement