Senin 19 Aug 2013 02:07 WIB

Giliran Harga Ikan yang Mahal

Ikan segar/ilustrasi
Foto: ralphsfreshfishmongers.com
Ikan segar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU---Harga ikan yang dijual di pasaran Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, mengalami kenaikan hingga 100 persen. Pemantauan di Mamuju, harga ikan jenis layang yang sebelumnya dijual Rp 2.500 per ekor dinaikkan menjadi Rp 5.000 per ekor.

Begitu juga ikan cakalang yang sebelumnya harganya Rp 10.000 per ekor naik mencapai Rp 20.000 per ekor. "Ini tidak biasanya. Sebelum Idul Fitri harga ikan normal, tetapi setelah lebaran ini malah naik 100 persen dan tidak turun lagi," kata Ani salah seorang warga.

Menurut dia, kenaikan harga ikan di Mamuju disangka warga karena nelayan tidak melaut akibat melakukan mudik lebaran ke kampung halaman di Kabupaten Majene dan Mamuju dua pekan lalu.

Namun, kata dia, setelah selesai mudik lebaran dan nelayan kembali menangkap ikan di perairan laut Mamuju, harga ikan tak kunjung turun. "Nelayan sudah melaut otomatis ikan banyak di pasar dan harganya seharusnya turun. Namun ternyata tidak demikian, harga ikan tetap naik. Kalau begini  "Mungkin karena BBM naik, sehingga nelayan harus menjual mahal tangkapan mereka ke pasar agar tidak rugi dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement