Jumat 16 Aug 2013 16:19 WIB

Ribuan Polisi Siap Amankan Hari Kemerdekaan

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto
Foto: Antara
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Kepolisian Daerah Metro Jaya siap mengawal keamanan untuk  kelancaran pelaksanaan hari kemerdekaan di Jakarta dan sekitarnya. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes pol Rikwanto mengatakan,  ribuan polisi akan disebar ke lokasi lokasi yang mengadakan acara seperti Istana Negara.

Penjagaan, imbuhnya, tidak hanya dilakukan tepat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, namun sehari sebelum dan sehari sesudahnya. ''Jumlah personelnya 3.332 personel,'' kata dia, Jumat (16/8).

Sementara untuk mengawal sidang paripurna, Jumat (16/8) di DPR, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 807 orang yang dibantu 217 personel dari Polres Jakarta Utara. Kemudian untuk renungan suci di Taman Makan Pahlawan, Kalibata, Jakarta Timur polisi menurunkan  509 personel.

Rikwanto melanjutkan, untuk upacara 17 Agustus terkait kenaikan bendera merah putih dan penurunan serta resepsi kenegaraan di Istana Negara, ada 1.117 personel yang mengawal.

Tidak hanya itu, pengawalan juga dilakukan kebesokannya, untuk acara pawai budaya di Sekitar monas dengan 209 personel. Lalu 417 personel polisi untuk mengawal pameran di Jalan Expo Kemayoran.

Menurut Rikwanto, pengamanan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Penjagaan utama masih dipegang Pasukan Pengawal Presiden, sementara penjagaan selanjutnya (ring dua) diserahkan kepada pihak kepolisian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement