Kamis 15 Aug 2013 23:52 WIB

Jalan Arteri Sulbar Dibangun Tiga Tahap

Proyek pembangunan jalan  (ilustrasi).
Foto: Antara
Proyek pembangunan jalan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Pembangunan jalan arteri Provinsi Sulawesi Barat dibangun dalam tiga tahap hingga 2016, kata Kepala Balai Pembangunan Jalan Nasional Sulawesi Nurdin Samaila di Mamuju, Kamis (15/8).

Ia mengatakan, jalan arteri di sepanjang pantai Provinsi Sulbar akan dibangun tiga tahap dengan total panjang mencapai 102 kilometer.

Ia mengatakan, tahap pertama akan dibangun memanjang menyisir pantai Mamuju dari kantor Gubernur Sulbar menuju arah utara hingga Bandara Tampapadang Mamuju dan Pelabuhan Belang Belang Mamuju, sepanjang 23 kilometer.

"Pada tahap pertama jalan yang dibangun menuju bandara dan pelabuhan Mamuju menelan anggaran sekitar Rp100 miliar dan diatasnya juga dibangun 12 titik jembatan yang akan didesain dengan indah," katanya.

Kemudian selanjutnya akan dibangun lagi dari Kantor Gubernur Sulbar menuju Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju, setelah itu akan dibangun lagi menuju Pelabuhan Palipis Kabupaten Majene.

Menurut dia, pembangunan jalan arteri itu secara keseluruhan akan menelan anggaran hingga 900 miliar, dan pembangunannya akan dimulai pada 2014.

Ia mengatakan, pembangunan jalan tersebut tahun ini sementara sedang disusun perencanaannya dengan menggunakan konsultan nasional dari Badan Usaha Milik Negara.

"Pekerjaan proyek ini akan berakhir setelah tiga tahun kemudian untuk dapat dinikmati masyarakat memuluskan dan memperlancar aktivitas ekonominya," katanya.

Samaila mengatakan, lebar jalan arteri yang dibangun mencapai 20 meter terdiri dari empat jalur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement