Ahad 11 Aug 2013 10:07 WIB

Gempa Agam Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan meski getaran gempa dirasakan masyarakat Kabupaten Agam, Sumatera Barat, hingga menggoyang perabot rumah, namun kekuatannya hanya 4,5 Skala Richter (SR) dan tidak berpotensi tsunami.

"Getaran terasa begitu besar karena pusat gempa berada di darat dengan kedalaman hanya 10 kilometer. Tepatnya pada koordinat 0.08 Lintang Selatan (LS) dan 100.08 Bujur Timur (BT)," kata Humas BNPB Agus Wibowo dihubungi Antara dari Agam, Sumatera Barat, Ahad (11/8).

Ia mengatakan, titik gempa berada di sekitar 18 kilometer sebelah barat laut Kabupaten Agam, atau tepatnya di Desa Bayua, Kecamatan Tanjung Mutiara atau di Danau Maninjau. "Berdasarkan data yang masuk, sumber gempa berasal dari Sesar Sumatera segmen Sianok-Barumun," ujarnya.

Agus mengatakan, berdasarkan peta, guncangan gempa hanya berintensitas II MMI, namun masih berskala lokal, sehingga di daerah pusat gempa tersebut guncangan dirasakan cukup kuat.

"Namun yang pasti, gempa darat ini tidak berpotensi tsunami. Sejauh ini kami juga belum mendapatkan laporan terkait korban jiwa," katanya.

Kontributor Antara yang berada di Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam pada Sabtu (10/8) sekitar pukul 18.58 WIB sempat merasakan getaran gempa cukup kuat, hingga menggoyang sejumlah perabot rumah tangga.

Sejumlah warga yang berada di Desa Marambung, Kecamatan Palembayan, sore itu tampak berhamburan keluar rumah untuk menghindari kemungkinan bangunan runtuh. Beberapa rumah warga yang berada di sekitar Danau Maninjau dikabarkan mengalami kerusakan ringan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement