Sabtu 10 Aug 2013 17:39 WIB

Ragunan Ramai, Binatang Masih 'Anteng'

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hafidz Muftisany
Suasana liburan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta saat libur lebaran, Sabtu (10/8)
Foto: Republika/Lida Puspaningtyas
Suasana liburan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta saat libur lebaran, Sabtu (10/8)

REPUBLIKA.CO.ID, RAGUNAN -- Keramaian Taman Margasatwa Ragunan melonjak dari hari biasanya setiap libur Hari Raya Idul Fitri. Termasuk hari ini, Sabtu (10/8) jumlah pengunjung telah menembus angka 60 ribu orang per pukul 13.00 WIB.

Keramaian ini hampir memadati keseluruhan area TMR yang luasnya sekitar 45 hektare. Kerumunan ini berpusat pada kandang-kandang hewan. Yang paling banyak diminati yaitu binatang melata, primata, reptil dan mamalia.

Meskipun kondisi ramai, hal ini tidak serta merta membuat hewan-hewan tersebut drop atau shock. Dr. Endah K, pengawas bagian Kesehatan Hewan mengatakan hewan di Ragunan sudah terbiasa menghadapi keramaian.

''Stress mungkin, tapi biasa saja, karena sudah terlatih,'' kata dia ketika ditemui Republika. Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan hasil adaptasi selama bertahun-tahun. Hewan ini menghadapi hal yang sama setiap tahunnya.

Apalagi, para satwa sudah berusia dewasa dan dirawat dari kecil di Ragunan. Menurutnya, yang sedikit bermasalah sehingga menyebabkan hewan stress adalah kelakuan usil pengunjung.

Tak jarang pengunjung memberi makan sembarangan, padahal hewan tidak boleh diberi makan dari luar. Selain itu, sering kali pengunjung mengganggu hewan dengan melempari tongkat atau barang lainnya. ''Tidak hanya anak-anaknya, tapi bapak-bapaknya juga kadang usil,'' kata Endah.

Sementara untuk menjaga stamina hewan, tambah Endah, para satwa diberi pasokan vitamin rutin. Termasuk obat-obatan dan vaksin. ''Langkah-langkah preventif agar hewan tetap sehat,'' ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement