Senin 05 Aug 2013 23:26 WIB

KAI: Pembelian Tiket Online Capai 80 Persen

Ratusan warga rela menginap untuk mengantre tiket kereta api (KA) di loket pemesanan tiket Stasiun Gambir, Jakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ratusan warga rela menginap untuk mengantre tiket kereta api (KA) di loket pemesanan tiket Stasiun Gambir, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Juru bicara PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional I Jakarta Sukendar Mulya mengatakan pembeli tiket kereta api via online kini mencapai 80 persen.

"Perbandingan pembeli tiket online dengan yang datang langsung ke stasiun ada dalam kisaran 80 persen banding 20 persen," kata Sukendar saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Dia mengatakan angka itu banyak dipengaruhi oleh semakin mudahnya calon penumpang untuk mendapatkan tiket kereta api dengan berbagai cara terutama sistem pemesanan online.

Beberapa cara yang ada seperti membeli lewat saluran telepon langsung 021-129, internet www.kereta-api.co.id, termasuk membeli tiket lewat minimarket, ATM tiket kereta, agen tiket dan outlet-outlet rekanan KAI.

Kereta api menjadi moda transportasi primadona dibanding moda darat lainnya seperti bus, sepeda motor dan kendaraan pribadi untuk arus mudik atau balik lantaran dinilai lebih tepat waktu karena hambatan perjalanannya lebih sedikit.

Sukendar mengatakan PT KAI Daop I Jakarta telah menyiapkan 48 rangkaian kereta api reguler dan 19 rangkaian tambahan untuk angkutan Lebaran 2013. Tujuan kereta api bervariasi seperti Cirebon, Purwokerto, Kendal, Kutoarjo, Yogyakarta, Surakarta, Madiun, Semarang dan kota-kota lainnya.

Sebelumnya, dia mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 520 ribu tiket untuk mengangkut penumpang baik kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif dari H-7 sampai H+7 Lebaran 1434 Hijiriah.

Kepala Humas Daop I Jakarta itu mengatakan bahwa tidak akan ada lagi penumpang yang berdiri untuk kereta api jarak menengah dan jauh menilik adanya kebijakan jumlah tiket disesuaikan dengan tempat duduk.

Dengan begitu, tidak akan ada lagi penumpang yang khawatir tidak mendapatkan tempat duduk selagi memiliki tiket kereta api berikut membawa kartu identitasnya.

"Penumpang harus memiliki tiket kereta dan membawa kartu identitasnya. Keduanya harus cocok antara nama yang tercetak di tiket dengan yang tertera di kartu identitasnya," katanya

Terdapat empat titik lokasi pemberangkatan dari Jakarta untuk jarak menengah dan jauh di antaranya Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jakarta kota dan Stasiun Tanjung Priok.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement