Jumat 02 Aug 2013 15:30 WIB

Belasan Perahu Peserta Sail Komodo 2013 Tersasar

Logo Sail Komodo
Foto: sailkomodo2013.asia
Logo Sail Komodo

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Belasan perahu layar peserta Sail Komodo 2013 dilaporkan nyasar dalam pelayaran dari Darwin, Australia, menuju Pelabuhan Teluk Koepang, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provnsi Nusa Tenggara Timur, HA Haris yang dikonfirmasi di Kupang, Jumat mengakui ada belasan peserta Sail Komodo yang belum tiba di Kupang. Mereka dilaporkan nyasar karena terbawa angin.

"Kami terus melakukan kontak radio. Ada belasan peserta yang belum tiba di pelabuhan. Ada yang sudah mendekat ke pelabuhan tetapi berbalik arah karena perahu mereka diterpa angin kencang," katanya.

Dia mengatakan panitia terus memandu para peserta menuju Pelabuhan Teluk Koepang, tetapi karena terpaan angin kencang, para peserta tidak bisa dengan cepat menjangkau titik koordinat yang sudah ditentukan.

"Semua peserta sudah diberikan titik koordinat. Ini karena terpaan angin kencang sehingga ada yang nyasar dan belum tiba di pelabuhan," katanya.

Dia mengatakan, saat ini para petugas terus memantau posisi para peserta dan mengarahkan mereka untuk berlayar menuju Kupang. Menurut dia, saat ini jumlah kapal layar yang sudah tiba di Pelabuhan Teluk Koepang tercatat 61 kapal.

Rata-rata kapal membawa 4-6 orang dan saat ini seluruhnya sedang berada di Kupang, menunggu acara pelepasan pada 4 Agustus 2013.

Di perkirakan, pada 9 September atau 10 September, semua peserta sudah tiba di Labuan Bajo untuk menghadiri acara puncak Sail Komodo 2013, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 September 2013.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement