Jumat 02 Aug 2013 06:11 WIB

Perbaiki DPS, KPU Cek Ulang Penduduk

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Foto: Antara
Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan mengupayakan penduduk potensial benar-benar terdaftar sebagai daftar pemilih. Selain menunggu laporan dari masyarakat, KPU akan melakukan pengecekan ulang untuk memastikan penduduk masuk dalam daftar pemilih tetap.

"Walau pun sifatnya tidak formal, kami akan berusaha proaktif. Mengecek kembali ke beberapa titik yang diindikasikan banyak yang belum terdaftar," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Kamis (1/8).

Upaya pengecekan tersebut, menurut Ferry, akan dilakukan bersamaan dengan perbaikan daftar pemilih sementara (DPS). Berkelanjutan hingga daftar pemilih tetap disusun. Artinya, kesempatan bagi masyarakat untuk masuk ke dalam DPT akan terus terbuka hingga penetapan dilakukan Oktober 2013 nanti.

KPU juga akan mengupayakan dengan optimalisasi sistem informasi data pemilih (sidalih). Tujuannya, untuk memastikan pemilih hantu atau penduduk yang harusnya tidak terdaftar dalam DPS tapi belum dicoret. "Sekarang data yang sudah terunggah ke sidalih mencapai 88 persen. Begitu sudah lengkap kami akan lakukan pengecekan dan pembabatan pemilih yang harusnya tak ada dalam DPS," ungkapnya.

Data ganda, pemilih hantu, hingga penduduk seperti TNI/Polri atau penduduk berusia di bawah 17 tahun namun terdaftar dalam DPS akan dibabat. Sehingga DPT nanti merupakan daftar penduduk yang benar-benar memiliki hak untuk memilih.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement