Rabu 31 Jul 2013 23:31 WIB

Wapres Berikan Bantuan Rp175 ke Lima Panti Asuhan

Rep: Esthi Maharani / Red: Djibril Muhammad
Wapres Boediono
Foto: Saptono/Antara
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Wakil Presiden (Wapres), Boediono mengantarkan secara langsung santunan kepada organisasi masyarakat yang peduli terhadap kesejahteraan anak-anak yang kurang beruntung.

Ada lima lembaga yang diberikan. Total santunan mencapai Rp175 juta. Meski lima lembaga mendapatkan santunan, namun wapres hanya mengunjungi dua lembaga.

Pertama, ke Rumah Piatu Muslimin Panti Sosial 'Wisma Tuna Ganda' Palsigunung di Jl. Raya Bogor, KM 28.5, Cimanggis, Depok. Wisma Tuna Ganda ini mengkhususkan diri untuk menyantuni, merawat dan merehabilitasi anak-anak penyandang cacat ganda yakni cacat mental serta cacat fisik.

Wisma tersebut juga tercatat sebagai panti sosial cacat ganda pertama di Indonesia. Wapres sempat bertegur sapa dengan 13 anak di Panti sosial.

Ia juga meninjau kondisi panti. Wapres pun menyerahkan santunan senilai Rp50 juta yang terdiri dari paket-paket makanan senilai Rp 15 juta dan Rp 35 juta dalam bentuk uang tunai.

Wisma Tuna Ganda berawal dari inisiatif Ibu Siti Zahra Goenawan, istri Raden Goenawan, tokoh pergerakan Sarekat Islam yang mendirikan Roemah Piatoe Moeslimin sebelum Indonesia merdeka, yakni pada 1931.

Lokasi pertama rumah piatu tersebut terletak di Jalan Prapattan, Batavia Centrum yang dimulai dari dua orang anak asuh.

Rumah piatu ini kemudian berpindah tempat dua kali lagi sebelum menempati dua lokasi yang ada saat ini: sekretariat Yayasan di Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat yang juga menjadi asrama panti asuhan dan sekolah Muslimin serta asrama panti sosial Wisma Tuna Ganda Palsigunung di Jl. RayaBogor, Cimanggis, Depok.

Empat tujuan pokok Yayasan Rumah Piatu Muslimin adalah membantu anak-anak yatim piatu, terlantar serta penyandang cacat ganda agar memperoleh hak dan memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang, memberikan penyantunan, pengasuhan, pendidikan dan pelajaran agama Islam secara cuma-cuma kepada anak-anak yatim piatu, anak-anak miskin dan terlantar serta memberikan pelayanan sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan mengembangkan sistem pelayanandi bidang usaha kesejahteraan sosial.

Dari Wisma Tuna Ganda, Wapres Boediono melanjutkan perjalanan ke Yayasan Pesantren dan Panti Asuhan Yapma 'Nurul Huda' Kampung Rumbut, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok.

Yayasan Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Huda yang dipimpin Ahmad Fauzi Thayalisi ini memiliki 140 anak asuh. Santunan yang diserahkan di Panti Asuhan Nurul Huda ini senilai Rp 50 juta yang terdiri dari Rp25 juta paket makanan dan Rp25 juta uang tunai.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Presiden juga akan menyerahkan santunan secara simbolis kepada tiga lembaga lainnya, yakni Griya Yatim dan Dhuafa Asrama II/Bintaro,

Yayasan Tabungan Surga di Karadenan, Bogor dan Yayasan Yatim Piatu Al Ikhlas di Kayuringin Jaya, Bekasi masing-masing berupa uang tunai senilai Rp 25 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement