Selasa 30 Jul 2013 17:25 WIB

Sultan HB X Minta Daging Impor Masuk DIY

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sampai saat ini harga daging sapi di Yogyakarta sudah mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Oleh sebab itu Sultan berharap daging impor bisa masuk ke DIY.

"Dengan masuknya daging impor ke DIY kami berharap harga daging sapi yang sudah mencapai Rp 100 ribu per kilogram bisa turun," kata Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (30/7).

Dia mengatakan sudah meminta ke Pemerintah Pusat untuk menggelontorkan daging sapi impor ke DIY. "Kami mendorong supaya harga daging turun. Karena pengaruh dari pedagang sapi di Segoroyoso Bantul kuat sekali," tuturnya.

Segoroyoso merupakan pemasok daging sapi terbesar di DIY. "Kalau lobynya pedagang (red.Segoroyoso) kuarm untuk menurunkan harga kan susah," ungkap Raja Kraton Yogyakarta ini.

Kalau memungkinkan daging impor bisa keluar dari wilayah Jabodetabek, Sultan sangat berharap DIY menjdapat jatah daging impor. Sehingga bisa menstabilkan harga daging sapi di wilayah DIY.

Selanjutnya ketika ditanya adanya penolakan dari pedagang sapi untuk menjual daging impor, karena tidak disukai konssumen, menurut Sultan soal enak atau tidak enak itu tergantung pengolahan masakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement