Senin 29 Jul 2013 19:37 WIB

DPR Protes Tayangan Ala Chef di Trans TV

Rep: Asep K Nurzaman/ Red: Heri Ruslan
Ramadhan Pohan
Foto: Puspa Perwitasari/Antara
Ramadhan Pohan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Wakil Ketua Komis I DPR, Ramadhan Pohan mendesak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur Trans TV terkait tayangan  syur ''Ala Chef'' yang mempertontonkan busana vulgar dan seronok seorang wanita di tengah umat Islam menjalani puasa Ramadhan.

''Sebagai pimpinan komisi yang membidangi penyiaran, saya prihatin dan protes atas tayangan 'Ala Chef'  di Trans TV. Presenter Chef Priscilya Princessa  berbusana terlalu vulgar dan seronok dalam tayangan Ahad, 28 Juli 2013, disiarkan jam 09.40-10.30 WIB. Apalagi  itu disiarkan di Bulan Suci Ramadhan, jelas patut disesalkan,'' tutur Ramadhan Pohan yng juga wakil ketua Fraksi Demokrat DPR itu, dalam keterangan persnya, Senin (29/7)..

Ia menjelaskan, program tersebut beberapa kali menyorot belahan payudara Chef Priscilya Princessa yang memakai pakaian terbuka di bagian dadanya. ''Hal ini jelas melanggar Standar Program Siaran KPI yang tegas melarang eksploitasi  bagian-bagian tubuh yang tak pantas,  termasuk payudara, baik secara close up dan medium close up. Makanya, KPI harus cepat bertindak,'' ujar Pohan.

Terlebih lagi, lanjut dia, klasifikasi tontonan itu adalah Remaja+Bimbingan Orang Tua, yang sudah jelas melanggar dan tidak pantas ditonton remaja. ''KPI harus memberikan sanksi yang sangat tegas terhadap Trans TV agar tindakan penayangan semacam ini tidak terulang kembali.

khususnya di Bulan Puasa tampilan tak senonoh ini sangat tidak etis. Jika membandal, siaran Ala Chef ini disetop saja," katanya..

Berdasarkan SPS KPI 2012 Pasal 18 huruf h: program siaran dilarang mengeksploitasi dan atau menampilkan bagian-bagian tubuh tertentu, seperti paha, bokong, payudara, secara close up dan/atau medium shot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement