Selasa 23 Jul 2013 16:53 WIB

Enzim Nanas Bisa Bantu Sembuhkan Luka Diabetes

 Nanas
Foto: Republika/Rakhmawaty
Nanas

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Debie Dahlia, menyatakan pemberian bromelain topikal dari buah nanas, yang memiliki efek penyembuhan pada tikus, bisa membantu penyembuhan luka Diabetes Mellitus (DM).

"Bromelain adalah enzyme protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti-inflamasi dan imunomodulator," kata Debie di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Dalam disertasinya yang berjudul "Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF-beta Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi", Debie meneliti efektifitas bromelain topikal pada luka tikus diabetes dan pengaruhnya terhadap ekspresi MMP-9, TIMP-1 dan TGF-beta selama fase peradangan, proliferasi dan maturasi.

"Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian randomized post test control design dengan menggunakan hewan coba tikus Sprague Dawley," katanya.

Hasil penelitiannya diketahui bahwa terjadi perbedaan bermakna rate penyembuhan luka antara kelompok kontrol DM dengan kelompok perlakuan bromelain topikal dan bromelain standar. Dengan kata lain, pemberian bromelain topikal memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan DM.

Disertasi Debie Dahlia merupakan hasil penelitian pertama di Indonesia yang berhasil mengantarkannya menjadi Doktor ke-10 yang lulus dari program Doktoral FIK UI dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,71.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement