Kamis 18 Jul 2013 16:05 WIB

Riau Atasi Geng Motor dengan Sepeda

Razia Geng Motor (ilustrasi)
Foto: Antara
Razia Geng Motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekenbaru, Riau, membagikan sebanyak 400 unit sepeda kepada para siswa miskin sebagai tahap awal program bersepeda ke sekolah yang diluncurkan Dinas Pendidikan.

"Sepeda yang diberikan itu merupakan sumbangan dari pejabat dan pihak swasta kepada siswa tidak mampu," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan penyerahan sepeda tersebut melalui masing-masing kepala sekolah di wilayah ini untuk menyukseskan program bersepeda ke sekolah.

Pernyataan tersebut terkait beberapa waktu lalu sejumlah siswa di Kota Pekanbaru ditangkap aparat Polresta Pekanbaru karena terlibat aksi geng motor.

Para siswa yang terlibat tersebut mengunakan sepeda motor ke sekolah. Usai menjalani proses belajar mengajar, mereka langsung bergabung dengan geng motor.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Pekanbaru, Zulfadil, membuatkan program agar siswa ke sekolah mengunakan sepeda demi menghindari aksi geng motor.

Siswa ke sekolah mengendari sepeda motor dianggap tidak mendidik. Sebab, mereka tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) karena usia belum mencapai 18 tahun.

Selain itu, program bersepeda ke sekolah itu mengurangi polusi udara, kemacetan arus lalu lintas serta dapat menyehatkan tubuh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement