Selasa 16 Jul 2013 19:24 WIB

PTKA Bakal Operasikan KA Khusus Angkut Sepeda Motor

Ilustrasi.
Foto: Antara
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Kereta Api (PTKA) akan mengoperasikan KA Komunita khusus angkutan sepeda motor pada arus mudik/balik Lebaran 2013.

"Rencananya akan dioperasikan KA angkutan khusus sepeda motor, rencananya dua dari Jakarta ke Surabaya dan ke Yogyakarta. Namun masih dibahas dengan Kementerian Perhubungan," kata Vice President PubliC Relation PTKA Sugeng Priyono di Bandung, Selasa (16/7).

Ia menyebutkan, KA angkutan motor yang akan beroperasi pada layanan arus Lebaran hingga H+5 Lebaran itu ada dua rangkaian. Masing-masing rangkaian bisa mengangkut 500-600 sepeda motor.

Namun demikian, belum diketahui bagaimana teknis dari pengiriman sepeda motor menggunakan KA khusus tersebut. Termasuk juga tengah dibahas tarif yang layak untuk pengiriman sepeda motor menggunakan KA tersebut.

"Angkutan itu dihadapkan bisa menfasilitasi bagi pemudik yang ingin mudik Lebaran sambil membawa kendaraan sepeda motornya ke kampung halamannya," kata Sugeng Priyono.

Pengoperasian KA angkutan khusus sepeda motor itu, menurut Sugeng sudah diwacanakan pada musim lebaran tahun-tahun sebelumnya, namun kemungkinan besar baru bisa direalisasikan pada tahun ini.

Sugeng menyebutkan, setiap rangkaian KA khusus angkutan sepeda motor itu masing-masing terdiri dari enam kereta barang, setiap kereta bisa menampung 100 sepeda motor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement