Sabtu 13 Jul 2013 18:41 WIB

Menkumham: Semua Lapas di Indonesia Kelebihan Kapasitas

Rep: Esthi Maharani/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Hukum dan Ham (Menkumham), Amir Syamsuddin mengatakan, semua lapas di Indonesia kelebihan kapasitas.

“Yang over di seluruh Indonesia. Kapasitas yang sekarang ini, napi ada 162 ribu. Rata-rata over capacity-nya 100 persen,” katanya usai rapat kabinet terbatas di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (13/7).

Ia mengatakan, dengan rata-rata kelebihan kapasitas hingga 100 persen, anggaran satu triliun rupiah masih dianggap kurang. Anggaran sebesar itu, katanya, digunakan untuk pembangunan lapas baru dan perbaikan beberapa lapas.

Amir memberikan gambaran, kondisi Lapas Tanjung Gusta masih lebih baik dibandingkan penjara-penjara lainnya. “Penjara lain ada yang lebih parah daripada Tanjung Gusta,” katanya.

Menko Polhukam, Djoko Suyanto mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menginstruksikan untuk merehabilitasi fasilitas lapas, perkantoran, dan infrastukturnya. Apabila dana yang dianggarakan dianggap kurang, pemerintah akan memberikan tambahan.

“Karena menurut Menkumham dana tersebut sudah dipakai untuk membangun Lapas, Presiden menginstruksikan untuk menambah anggaran untuk membangun atau memperluas lapas yang ada,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement