Sabtu 13 Jul 2013 16:26 WIB

Seluruh LP Kelebihan Kapasitas Hingga 100 Persen

Rep: esthi maharani/ Red: Taufik Rachman
Menkumham, Amir Syamsuddin.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menkumham, Amir Syamsuddin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA –Menteri Hukum dan Ham (Menkumham), Amir Syamsuddin mengatakan semua lapas di Indonesia telah kelebihan kapasitas. “Yang over diseluruh Indonesia.

Kapasitas yang sekarang ada 162 ribu Napi. Rata-rata over capacity-nya 100 persen,” katanya usai rapat kabinet terbatas di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (13/7).

Ia mengatakan dengan rata-rata kelebihan kapasitas hingga 100 persen, anggaran Rp1 triliun masih dianggap kurang. Anggaran sebesar itu, lanjut dia, digunakan untuk pembangunan lapas baru dan perbaikan beberapa lapas.

Sebagai gambaran, Amir mengatakan kondisi di Lapas Tanjung Gusta masih lebih baik dibandingkan penjara-penjara lainnya. “Penjara lain ada yang lebih parah daripada Tanjung Gusta,” katanya.

Menko Polhukam, Djoko Suyanto mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menginstruksikan untuk merehabilitasi fasilitas lapas, perkantoran, dan infrastukturnya.

Apabila dana yang dianggarakan dianggap kurang, pemerintah akan memberikan tambahan. “Karena menurut Menkumham dana tersebut sudah dipakai untuk membangun Lapas, Presiden menginstruksikan untuk menambah anggaran untuk membangun atau memperluas lapas yang ada,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement