Sabtu 13 Jul 2013 14:07 WIB

Jabatan Kepala Sekolah DKI Jakarta Juga akan Dilelang

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama (Ahok)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH – Pemprov DKI Jakarta berencana untuk melelang jabatan kepala sekolah untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Rencana tersebut akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta akhir tahun 2013.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengatakan kepala sekolah akan dilelang karena saat ini Pemprov DKI tidak yakin kemampuan guru saat ini sesuai dengan jabatannya atau tidak.

“Guru saat ini sangat banyak, kami tidak tahu mana guru yang pantas jadi kepala sekolah atau tidak,”ujarnya di Balai Kota, Sabtu (13/7). Ahok khawatir ada guru salah pilih karena mereka ternyata hanya pinta melobi saja.

Dengan tes yang sama seperti lelang lurah dan camat beberapa waktu lalu diharapkan akan diketahui jumlah guru yang layak menjadi guru. Pemprov nantinya akan menyaring guru mana yang benar-benar berpotensi menjadi guru ataupun ternyata lebih cocok berada di struktural.

Menurut dia lelang seperti ini juga ditujukan agar pemprov memiliki pemetaan dalam menerima pegawai negeri sipil. “Kita tidak tahu di bagian mana DKI Jakarta kekurangan pegawai, bagaimana menerima pegawai tetapi tidak memiliki petanya,”ujarnya.

Meski Ahok mengatakan kuota penerimaan PNS memang bergantung dari keputusan pemerintah pusat. Hanya saja dengan melakukan tes tahun ini maka pemprov bisa menempatkan orang yang terpilih saja saat kuota tahun depan tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement