Jumat 12 Jul 2013 01:04 WIB

Anak-Anak Korban Gempa Aceh Terserang ISPA

 Korban Gempa yang tertimpa bangunan mendapat perawatan medis di Posko Kesehatan Desa Blang Mancung, Ketol, Aceh Tengah, Aceh, Jumat (5/7).    (Antara/Irwansyah Putra)
Korban Gempa yang tertimpa bangunan mendapat perawatan medis di Posko Kesehatan Desa Blang Mancung, Ketol, Aceh Tengah, Aceh, Jumat (5/7). (Antara/Irwansyah Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak korban gempa Gayo di Aceh Tengah dan Bener Meriah yang berada di pengungsian mulai terserang infeksi saluran pernafasan akut.

"Kondisi kesehatan anak-anak di pengungsian sedikit menurun, karena banyak yang mulai terserang ISPA," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia Aceh Tengah dr Chalili Putra MKes, Kamis.

Dia menjelaskan, keberadaan anak-anak di tenda pengungsian memang rentan terserang penyakit.

"Tidur di luar membuat anak-anak sering terpapar udara yang tidak sehat sehingga membuat kondisi kesehatan anak-anak mulai menurun," sambung dia.

Selain ISPA, penyakit lainnya yang mulai menyerang pengungsi yakni penyakit diare dan kulit yang diakibatkan kurangnya sanitasi yang memadai.

"Kami sudah membuat posko-posko perawatan. Jika ada korban gempa yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, kami rujuk ke rumah sakit," kata Chalili.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement