Kamis 11 Jul 2013 16:53 WIB

Penumpang Pelni di Awal Ramadhan Turun Drastis

Penumpang mengantre naik Kapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Penumpang mengantre naik Kapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN--Memasuki bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah, penumpang kapal PT Pelni yang naik di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mengalami penurunan drastis.

Dari dua armada milik PT Pelni yakni KM Bukit Siguntang rute Balikpapan-Parepare-Makassar-NTT yang tiba pada Selasa malam (9/7) dan KM Umsini tujuan Tarakan-Balikpapan-Parepare yang tiba Rabu sore (10/7) diperkirakan mengangkut penumpang tidak mencapai 500 orang.

Kepala PT Pelni Cabang Kabupaten Nunukan, Patoh Sembiring di Nunukan, Kamis (11/7) mengakui terjadinya penurunan drastis jumlah penumpang dari kedua armada yang tiba dan berangkat pada hari pertama bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah. Ia menyebutkan, jumlah penumpang KM Bukit Siguntang yang naik melalui Pelabuhan Tunon Taka diperkirakan sekitar 300 orang sedangkan KM Umsini sebanyak 200-an lebih.

Dia mengatakan, penurunan jumlah penumpang tersebut adalah hal yang wajar karena terjadi setiap memasuki bulan suci Ramadhan. "Memang setiap hari pertama bulan puasa pasti kurang sekali penumpang yang akan pulang kampung," kata Patoh Sembiring melalui hubungan telepon.

Pantauan di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, pada Rabu malam (10/7) juga pemberangkatan kapal swasta KM Thalia dengan tujuan Parepare Sulawesi Selatan. Jumlah penumpang KM Thalia pada malam itu juga mengalami penurunan drastis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement