Rabu 10 Jul 2013 16:24 WIB

Dari 33 Kabupaten Jabar, Hanya Enam yang Punya Bioskop

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Mansyur Faqih
Menonton bioskop (ilustrasi).
Foto: nalakagunawardene.com
Menonton bioskop (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jawa Barat berencana untuk membangun bioskop di daerah-daerah. Bioskop itu diperkirakan akan dibangun di aset tanah dan bangunan yang dikelola PD Jasa dan Kepariwisataan (Jawi). Direktur Utama PD Jawi, Syamsudin mengatakan, bangunan untuk bioskop yang saat ini sudah siap ada di Banjar, Sukabumi, dan Bandung. "Di Jabar, dari 33 kabupaten, yang sudah memiliki bioskop hanya enam kabupaten/kota," katanya, Rabu (10/7).

Jadi, lanjut dia, PD Jawi diberi tugas untuk ikut membantu pemerintah mejalankan program ini. Nantinya, PD Jawi akan berhitung secara ekonomis termasuk berapa nilai investasi yang dibutuhkan. Namun, proyek ini tidak mungkin hanya dijalankan sendiri. "Kalau di Bandung, rencananya kalau Palaguna jadi mal akan ada bioskopnya jadi kami akan ikut," katanya. 

Syamsudin menambahkan, pembangunan bioskop di daerah tersebut dari sisi ekonomi harus bisa menguntungkan. Di sisi lain, misi pemerintah untuk menghidupkan dan memberikan informasi pada masyarakat pun harus bisa masuk. "Pendapatan kami yang terbesar memang masih dari sewa. Tahun kemarin, pendapatan kami sebesar Rp 700 juta. Tahun ini, ditargetkan menjadi Rp 1 miliar," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement