Selasa 09 Jul 2013 11:26 WIB

Lima Hari Dikejar Harimau, Begini Nasib Warga Aceh

Rep: Nur Aini/ Red: Heri Ruslan
Harimau Sumatra
Harimau Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG KIRI -- Lima warga Aceh yang selama lima hari dikejar harimau berhasil diselamatkan di Taman Nasional Gunung Leuser.

Mereka selamat setelah lima hari terjebak di atas pohon. BBC melaporkan puluhan penyelamat termasuk polisi mengusir harimau yang berada di bawah pohon untuk menyelamatkan pencari kayu tersebut.

Sejumlah harimau menyerang kelompok tersebut pada Kamis setelah mereka tidak sengaja membunuh anak harimau. Pria keenam dalam kelompok tersebut tewas. Andi Basrul, kepala taman nasional mengatakan kelima orang tersebut telah dibawa ke desa terdekat yang ditempuh selama enam jam jalan kaki.

Jamal Gayo, dari Yayasan Konservasi Leuser Internasional mengatakan lima orang berada dalam kondisi lemah setelah tidak memiliki makanan selama tiga hari.

Orang-orang itu awalnya memberitahu desa terdekat menggunakan ponsel. Warga desa mencoba menyelamatkan pada Kamis lalu, tetapi mundur ketika mereka melihat empat harimau sumatera dewasa mengelilingi pangkal pohon.

Laporan sebelumnya mengatakan kelompok itu, semua dari desa Simpang Kiri di Kabupaten Aceh Tamiang, membuat perangkap rusa untuk makanan tapi tidak sengaja menangkap anak harimau. Binatang yang terluka menerkam pria dan membunuhnya.

Harimau Sumatera merupakan spesies yang terancam punah dan hanya 350 ekor yang tetap berada di alam liar. Populasi terbesar berada di taman nasional Gunung Leuser.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement