Senin 08 Jul 2013 23:52 WIB

KPU Tanjungpinang Awasi Pemilih Siluman

Ilustrasi.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Komisi Pemilihan Umum Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau berupaya mengantisipasi munculnya pemilih siluman pada Pemilu 2014 dengan meningkatkan pengawasan.

"Pengawasan terhadap proses pendataan pemilih dan proses pemungutan suara akan diperketat untuk mengantisipasi adanya pemilih siluman atau fiktif. Tentunya pengawasan melibatkan berbagai pihak," kata Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, Senin.

Robby menambahkan, pihak yang perlu dilibatkan untuk mengawasi pelaksanaan pendataan pemilih hingga proses pemungutan suara antara lain pers, caleg dan pengurus RT/RW.

Pers memiliki peranan penting dalam mengawasi dan menyosialisasikan pelaksanaan tahapan-tahapan itu, dan mendorong pemilih menggunakan hak pilihnya.

Caleg juga diharapkan tidak hanya sibuk menyosialisasikan dan mendorong pemilih memilihnya, melainkan juga memastikan pendukungnya terdaftar dalam daftar pemilih sementara. Mereka juga dapat mengkritisi daftar pemilih sementara yang disahkan pada 10 Juli 2013.

"Jika ada pemilih fiktif atau warga yang memenuhi persyaratan tetapi tidak terdaftar silahkan lapor kepada kami. Daftar pemilih sementara akan diperbaiki sebelum ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement