Senin 08 Jul 2013 23:39 WIB

PU: Ada Sepuluh Titik Rawan Longsor di Jambi

Tanah longsor (ilustrasi).
Foto: Antara
Tanah longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi mengingatkan sedikitnya 10 lebih titik rawan longsor di Jambi saat musim lebaran tahun ini.

"Saat ini masih didata, diperkirakan lebih dari 10 titik lebih. Tiga titik diantaranya ada di jalur lintas timur Sumatra," ujar Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Ivan Wirata kepada wartawan di Jambi, Senin (8/7).

Menurut dia, untuk mengantisipasi terjadinya longsor, khususnya saat arus mudik/balik lebaran, PU Provinsi Jambi telah menyiapkan sejumlah alat berat dilokasi yang dianggap rawan. "Sampai saat ini sudah ada empat unit alat berat kita tempatkan," katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, beberapa alat berat itu ditempatkan di daerah Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi dan di sejumlah titik di Kabupaten Merangin. "Total PU Jambi memiliki 25 unit alat berat dan semuanya sudah kita siagakan," ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, PU Provinsi Jambi juga tengah melakukan percepatan perbaikan di beberapa titik jalur mudik/balik lebaran. Salah satunya adalah perbaikan jalan di kilometer 36 lintas timur Jambi yang menuju arah Provinsi Riau.

Ia juga menyatakan hampir seluruh jalur perbaikan tengah dilakukan percepatan tahun ini dengan berkoordinasi dengan Balai jalan nasional.

"Untuk perbaikan jalan di Provinsi Jambi dialokasikan di APBD perubahan dengan estimasi sekitar Rp10 miliar. Mudah mudahan hingga akhir tahun sudah minimal mencapai 90 persen,"tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement