Kamis 04 Jul 2013 22:00 WIB

Warga Tangkap Buaya Dekat Taman Kanak-Kanak

Buaya
Foto: www.animalcorner.co.uk
Buaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Warga Desa Rantau Jaya, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, menangkap seekor buaya jenis Sinyulong yang sudah meresahkan warga setempat.

Kepala Desa Rantau Jaya, Sunardi, mengatakan buaya tersebut sudah berada dekat sekali dari sebuah sekolah dasar dan taman kanak-kanak di daerah itu. Sehingga, kehadirannya dikhawatirkan mengancam keselamatan para siswa.

"Sebenarnya buaya itu sudah lama berada di rawa (parit) di SK 28. Namun, sejak beberapa hari ini, buaya itu sudah naik ke darat dan mendekati TK dan SDN 28 Rantau Jaya. Jadi, warga ambil inisiatif menangkapnya," kata Sunardi, di Rantau Jaya, Jambi, Kamis (4/7).

Sebelum dievakuasi olek tim BKSD Resort Nipah Panjang, buaya sepanjang tiga meter lebih itu diinapkan di halaman Mapolsek Rantau Rasau.

Kepala BKSDA Resort Nipah Panjang, Jambi, Hefa Edison, mengatakan buaya Sinyulong termasuk hewan yang dilindugi. Karena itu, sang buaya akan segera dikembalikan ke habitat aslinya di kawasan Taman Nasional Berbak.

"Kondisinya sehat dan baik. Jadi, kami putuskan untuk mengembalikan ke habitat aslinya di rawa-rawa Taman Nasional Berbak yang berjarak puluhan kilometer dari lokasi penemuan buaya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement