Kamis 04 Jul 2013 10:57 WIB

Hadapi Liburan Sekolah, ASDP Operasikan 27 Kapal Feri

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hazliansyah
 Warga melihat kapal feri Portlink yang akan merapat di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Banten, Senin (10/6).   (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Warga melihat kapal feri Portlink yang akan merapat di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Banten, Senin (10/6). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Menghadapi musim liburan sekolah dan kuliah, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) mengoperasikan 27 kapal feri (roll on roll off/roro). Di hari biasa, ASDP hanya mengoperasikan 20 hingga 23 unit kapal roro.

Manejer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung, Heru Purwanto, mengatakan pihaknya mengoperasikan 27 kapal dengan trip 80 - 90 per hari.

"Setiap masuk liburan tahun ajaran baru ada lonjakan penumpang," kata dia, Kamis (4/7).

Lebih jauh Heru mengatakan, aktivitas arus penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung) menuju Pelabuhan Merak (Banten) hingga kini masih padat, terutama malam hari. Kenaikan jumlah penumpang dan kendaraan berkisar 10-15 persen.

Ia mengatakan musim liburan ini berdekatan dengan masuk bulan Ramadhan, sehingga terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan yang melintas di Selat Sunda baik dari Sumatra ataupun Jawa.

Belum ada kendala dari fasilitas pelabuhan dan kapal yang tersedia, apalagi penumpukan kendaraan truk. Menurut Heru, masih lancar dan cuaca normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement