Kamis 04 Jul 2013 00:25 WIB

KA Ekonomi AC Merak-Madiun Akan Diresmikan

PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEI MANGKEI, SUMUT -- Pemerintah akan meresmikan kereta api ekonomi AC rute Merak-Madiun sebelum Lebaran 2013 untuk mengakomodasi penumpang dari Sumatera ke Jawa.

Hal ini diungkapkan Dirjen Perkeretaapian Tundjung Inderawan di Sei Mangkei, Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (3/7).

Tudjung mengatakan, untuk melayani penumpang dari Sumatera yang akan berangkat dari terminal merak, tiket tidak dijual secara "online" tapi di lokasi di sejumlah kota di Sumatera.

"Tujuan pembukaan jalur ini adalah untuk mengakomodasi penumpang dari Sumatera yang hendak ke Jawa seperti jateng dan Jatim," katanya kepada wartawan ketika mendampingi Menhub EE Mangindaan yang melaksanakan kunjungan kerja ke Sumatera Utara.

Tundjung menjelaskan, saat ini sudah disiapkan dua set atau rangkaian kereta api buatan INKA, masing-masing 10 gerbong atau sekitar 150 penumpang per gerbong. Ditanya berapa harga tiket untuk rute tersebut, ia menjelaskan bahwa hal itu masih dibahas. "Belum, itu belum diputuskan," katanya.

Berkaitan dengan adanya usulan agar lokasi stasiun Merak dipindahkan, ia mengatakan, sebaiknya stasiun itu dibuat bertingkat saja, di mana salah satu lantainya bisa digunakan untuk parkir.

Jika lokasi stasiun itu dipindahkan, diperlukan penyediaan lahan, yang selama ini selalu menjadi kendala pembangunan infrastruktur. "Kami mencoba membangun intermoda di Merak. Jadi semua layanan darat dan laut terhubung," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement