Rabu 03 Jul 2013 19:51 WIB

Sosialisasi UU Ormas Diprediksi Banyak Persoalan

Palu persidangan (ilustrasi)
Palu persidangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Langkah DPR yang dinilai memaksakan pengesahan Undang-Undang Organisasi Masyarakat (UU Ormas) bisa menyisakan kontroversi yang membebankan DPR dan pemerintah.

Dengan demikian pemerintah dan DPR diharuskan menyosialisasikan UU Ormas ke ormas-ormas besar yang masih bersikukuh melakukan penolakan. "Ini pekerjaan yang tidak mudah," kata Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y. Tohari ketika dihubungi Republika, Rabu (3/7)

Melihat resistensi tinggi dari ormas-ormas besar, Hajriyanto ragu DPR dan pemerintah berani menyosialisasikan UU Ormas. Sementara  jika tidak disosialisasikan secara massif UU Ormas hanya akan menjadi dokumen politik yang tak berimbas positif terhadap masyarakat. "UU ini tidak akan bisa menjadi UU yang hidup  atau "the living and working UU," ujar Hajriyanto.

Ia menegaskan sebagai undang-undang yang kelahirannya tidak dikehendaki sosialisasi intensif dan ekstensif mutlak diperlukan. "Jangankan masyarakat luas dan ormas-ormas, bahkan di kalangan pimpinan dan anggota pansus sendiri masih ada yang belum memahami substansi undang-undang itu," ujarnya.

"Apalagi  undang-undang tersebut baru disahkan, belum-belum sudah dibawah ancaman akan segera digugat ke MK," katanya.

Sementara itu Ketua Fraksi Hanura, Sarifuddin Sudding mengatakan fraksinya menghormati keputusan sidang paripurna DPR mengesahkan UU Ormas. Menurut dia meskipun Fraksi Hanura berada dalam posisi menolak UU Ormas namun sebagai putusan kelembagaan Hanura akan mendukung sosialisasi ormas. "Karena sudah diputuskan kami menghormati. Walaupun dalam pengambilan keputusan kita keberatan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement