Rabu 03 Jul 2013 19:15 WIB

Tug Boat Carteran Pertamina Tenggelam

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Hazliansyah
pertamina
pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kapal jenis tug boat Medaline Fire yang disewa oleh Pertamina tenggelam di sekitar area Singgle Bouy Morring (SBM) 35 perairan Balongan Kabupaten Indramayu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Rabu (3/7), peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (3/7) sekitar pukul 06.00 WIB. Sebelumnya, kapal bantu untuk operasi kegiatan tanker di Pertamina Balongan itu melakukan aktivitas penjagaan tanker di area SBM 35.

"Diduga kapal tenggelam akibat bocor," ujar seorang sumber di lingkungan Pertamina yang enggan disebut identitasnya.

Sumber itu mengungkapkan, saat kapal tenggelam, seluruh ABK yang berjumlah enam orang berusaha menyelamatkan diri. Mereka meninggalkan kapal tersebut dengan menggunakan sekoci. Setelah itu, mereka diselamatkan oleh kapal tug boat lain yang ada di sekitar lokasi kejadian.

"Seluruh ABK saat ini ada di kantor Marine Pelsus Balongan untuk dimintai keterangannya oleh Polair," kata sumber tersebut.

Mendengar informasi tersebut, seluruh jajaran Marine Pelsus pertamina Refenery Unit (RU) VI Balongan langsung menuju ke lokasi kejadian. Mereka menuju ke lokasi itu dengan menggunakan Tug Boat Balongan 2.

"Jajaran marine masih ada di lokasi. Jadi belum tahu bagaimana informasinya," terang staf Humas Pertamina RU VI Balongan, Muslim.

Sementara itu, para wartawan kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait tenggelamnya kapal tug boat yang disewa oleh Pertamina Balongan tersebut. Petugas melarang wartawan untuk mendekat ke area Pelsus Balongan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah ABK kapal membawa peralatan oil boom. Diduga, peralatan itu digunakan untuk melokalisasi sisa-sisa bahan bakar kapal yang tumpah ke perairan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement