Rabu 03 Jul 2013 17:21 WIB

DPR: Anak-anak di Aceh Harus Dilatih Sadar Gempa

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Assegaf
Foto: REPUBLIKA/ TAHTA AIDILLA
Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Assegaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, anak-anak di Aceh harus dilatih sadar gempa sejak dini.

"Anak-anak yang duduk di bangku SD harus dibiasakan menghadapi gempa, pelatihan dilakukan seperti pelatihan olahraga, harus rutin agar mereka terbiasa," katanya di Jakarta, Rabu, (3/7).

Nurhayati mengungkapkan, ia  pernah tinggal di Jepang. Saat itu terjadi gempa hebat yang membuatnya terjatuh dari tempat tidur.

"Saya kaget dan panik sekali. Tapi anak-anak saya langsung masuk ke kolong meja, mereka biasa saja tidak panik karena sudah terbiasa menghadapi gempa," ujar Nurhayati.

Anak-anak di Indonesia, Nurhayati menerangkan, terutama yang berada di daerah lempengan gempa seperti Aceh harus dibiasakan menghadapi gempa. Sehingga mereka secara refleks bisa segera menyelamatkan diri, termasuk masuk ke kolong meja.

Dalam kesempatan itu, Nurhayati juga mengungkapkan perasaan sedihnya atas gempa Aceh yang terjadi kemarin. "Begitu Aceh gempa, saya langsung minta kepada anggota dapil Aceh dari Demokrat untuk membuka posko bantuan korban gempa termasuk membuat tempat pengungsian," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement