Selasa 02 Jul 2013 16:11 WIB

Kartu Multitrip KA Akan Terintegrasi dengan Busway

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Dewi Mardiani
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kartu mulitrip yang digunakan untuk perjalanan kereta api (KA) Commuterline bakal terintegrasi dengan busway. Tahun ini, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan membuat kartu yang bisa terintegrasi dengan dua moda transportasi massal tersebut.

Dirut PT KCJ, Tri Handoyo, mengatakan saat ini multitrip baru bisa digunakan untuk perjalanan kereta saja. Namun dia mengaku sudah merencanakan akan membuat kartu yang juga terintegrasi dengan busway. Menurutnya, pihak KCJ bahkan sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan enam bank untuk membuat kartu yang terintegrasi dengan busway.

Keenam bank tersebut yakni BRI, BCA, BNI, Bank DKI, Bank Mandiri, dan Bank Mega. "Minggu lalu kita sudah MoU dengan bank di Medan, tahun ini kita usahakan sudah bisa (terintegrasi)," kata Tri, Selasa (2/7).

Menurut Tri, saat ini pihaknya masih menyiapkan sistem kartu elektronik yang bisa digunakan baik untuk commuterline maupun busway. Dia berharap, akhir tahun ini masyarakat sudah dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh kartu pintar tersebut.

Tri menambahkan, untuk kartu multitrip sendiri saat ini sudah terjual 80 ribu kartu, dan masih ada sisa 100 ribu kartu lagi. Dia juga mengatakan, sudah merasakan ada peningkatan jumlah penumpang setelah diberlakukannya tarif progresif melalui sistem e-ticketing. "Tadi pukul 10.00 WIB saya naik kereta masih ramai, padahal biasanya sudah sepi," ungkapnya senang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement