Senin 01 Jul 2013 00:13 WIB

Pengangguran Bukittinggi Dibekali Pelatihan Salon

Salon kecantikan (ilustrasi)
Foto: hair-salon-windsor.co.uk
Salon kecantikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITINGGI -- Pemerintah Kota Bukittinggi memberi pelatihan keterampilan salon bagi wanita di kota setempat yang belum mendapat pekerjaan.

"Pelatihan keterampilan salon tersebut dapat mengurangi tingkat pengangguran bagi pekerja wanita," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bukittinggi Salman, Ahad (30/6).

Menurut dia, pelatihan salon tersebut tengah berlangsung di Balai Latihan Keterampilan (BLK) Panganak. "Puluhan pekerja wanita yang mendapatkan pelatihan, diharapkan bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri," kata dia.

Ia mengatakan, pelatihan keterampilan diberi sebagai pembekalan kepada masyarakat yang belum bekerja, guna mengantisipasi tingkat pengaguran di kota itu. "Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Bukittinggi tiap tahun telah menggelar pelatihan keterampilan bagi pencari kerja produktif yang belum bekerja," kata dia.

Jenis pelatihan keterampilan yang diberikan sesuai permintaan dari masyarakat, dalam hal ini pelatihan menjahit pakaian, membuat pola pakaian, salon dan wirausaha. "Tenaga pelatih sudah ada, termasuk peralatan mendukung fasilitas pelatihan sudah lengkap," kata dia.

Tujuan utama pelatihan bagi pencari kerja untuk meningkatkan kompetensi mereka sehingga bisa bekerja pada perusahaan atau bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, kata dia.

Saat ini pelatihan keterampilan kerja itu telah menjadi kegiatan rutin tahunan bagi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat. "Dana untuk pelatihan keterampilan tersebut telah dialokasikan tiap tahunnya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement