Selasa 25 Jun 2013 21:39 WIB

SBY dan Ronaldo akan Tanam Mangrove di Bali

Cristiano Ronaldo
Foto: guardian.co.uk
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan dan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo akan menanam mangrove,  Rabu (26/6) di Bali.

Cristiano Ronaldo sendiri menjadi Duta Forum Peduli Mangrove Bali dan Duta Mangrove Indonesia. Forum Peduli Mangrove merupakan sarana untuk menyatukan visi serta menjalankan misi perlindungan, pelestarian serta pemanfaatan mangrove.

Indonesia memiliki  3,7 juta hektar hutan mangrove yang merupakan terluas di Asia bahkan di dunia. Menurut berbagai penelitian hutan mangrove mampu menyerap emisi karbon sebesar 4-5 kali lebih besar dari pada hutan daratan. Oleh karena itu meskipun Indonesia hanya memiliki luas hutan mangrove  2 persen dari total hutan Indonesia, namun mampu menyimpan karbon sebesar 10 persen dari semua emisi yang ada.

Dengan demikian keberadaan hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 26 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan kerja sama internasional pada tahun 2020. Komitmen tersebut telah teraktualisasi dalam program-program pembangunan Kementerian Kehutanan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 73 tahun 2012.

Acara bertajuk Save Mangrove Save Earth 2013 ini juga akan dihadiri oleh para Duta Besar negara sahabat, para menteri/pimpinan lembaga non kementerian Kabinet Indonesia Bersatu II, serta berbagai tokoh masyarakat dan penggiat lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement