Selasa 25 Jun 2013 06:22 WIB

'Ormas Bentrok Karena Eksistensi'

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: A.Syalaby Ichsan
Bentrok/ilustrasi
Foto: pesatnews
Bentrok/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Sosiolog dari Universitas Indonesia, Richardi Adnan mengatakan, probelem eksistensi menjadi penyebab utama bentrokan ormas yang belakangan ini marak terjadi.

Richardi menjelaskan, problem eksistensi tersebut terbagi menjadi dua. ''Masalah ekonomi dan sejarah,'' katanya, Senin (24/6). Masalah ekonomi terkait dengan penguasaan lahan seperti lahan parkir yang sekarang menjadi 'catutan' ormas tertentu. Awalnya, tidak akan bermasalah.

Namun, ketika lahan itu menjadi sumber kehidupan bagi anggota ormas, masalah tersebut menjadi runcing dan sangat sensitif jika terkait pendudukan dari ormas yang berbeda. ''Setiap ormas ingin menguasai dan melindungi lahan garapannya,'' katanya.

Masalah kedua adalah sejarah dari ormas tersebut. Ormas selalu memiliki kebanggaan terhadap sejarahnya. Bahkan sudah memasuki identitas anggotanya masing masing.

Sejarah tersebut menyangkup kepada peristiwa keributan yang pernah terjadi antara ormas-ormas tertentu di tahun sebelumnya.''Jadi masalah sepele bisa menjadi masalah yang sangat besar,'' katanya.

Seperti diketahui, posko FBR di Gandaria, Rawa Simprug dan Pesangrahan di Jakarta Selatan hangus terbakar dalam waktu setengah jam, mulai pukul 23.00 WIB sampai 23.30 WIB, Ahad (23/6) oleh sekelompok orang tidak dikenal. Dari pengrusakan tersebut, dua orang luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Ketua FBR Luthfi Hakim mengatakan, dari keterangan yang diterima anggotanya, kelompok yang membakar tiga posko FBR adalah kelompok yang juga membunuh anggota FBR beberapa pekan lalu di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.''Pelakunya sama seperti beberapa minggu lalu,'' katanya, Senin (24/6).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement