Selasa 25 Jun 2013 01:00 WIB

Perajin Kolang-Kaling Mulai Bermunculan

Kolang kaling
Kolang kaling

REPUBLIKA.CO.ID, REJANGBELONG -- Menjelang datangnya bulan Ramadhan 1434 Hijriah perajin manisan kolang-kaling di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, saat ini mulai bermunculan.

Pantauan sejumlah perajin kolang-kaling itu terlihat di Desa Air Meles Atas, Kecamatan Curup Tengah, kemudian di sejumlah desa dalam Kecamatan Binduriang, Curup Selatan serta beberapa kecamatan lainnya.

Mereka sejak jauh-jauh hari mulai memeroduksi buah aren guna dijadikan manisan kolang-kaling untuk memenuhi permintaan warga kota dan kabupaten di Sumsel, bahkan sampai ke kota-kota di Jawa.

"Ini semua pesanan dari pedagang pengumpul untuk dijual ke Bandung, mereka memesan sejak sebulan sebelum datangnya puasa. Kolang-kaling yang sudah jadi disimpan di bak penampungan dan jika sudah banyak akan diambil pemesan," kata Sukri (43) salah seorang perajin kolang-kaling di Desa Air Meles Atas, Senin (24/6).

Manisan kolang-kaling yang dihasilkan warga daerah itu kata dia, setiap tahunnya bisa mencapai puluhan ton. Buah yang diambil dari pohon aren tersebut dijual ke pedagang pengumpul atau mereka sebut "toke" guna memenuhi permintaan luar daerah, sedangkan untuk permintaan pedagang lokal biasanya baru ada beberapa hari memasuki puasa.

Manisan kolang-kaling atau di daerah ini disebut "beluluk" yang biasanya dijadikan kolak untuk berbuka puasa itu saat ini mereka jual seharga Rp 3.000 hingga Rp 4.500 per kg, tergantung dengan kualitas buahnya. Buah itu sendiri mereka beli dari petani gula aren, per tandan yang beratnya bisa mencapai 25 kg, dengan harga Rp15.000 - Rp20.000 per tandan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement