Ahad 23 Jun 2013 21:40 WIB

Apindo: Belum Ada Perusahaan Terbukti Lakukan Pembakaran

Kabut asap di Riau
Foto: mongabay
Kabut asap di Riau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi menyayangkan berbagai pihak yang memperkeruh masalah kebakaran hutan di Riau dengan membuat opini tanpa data dan penelitian akurat mengenai penyebab kebakaran.

Menurutnya hal itu tak perlu dilakukan karena sampai saat ini belum ada perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran.

"Saat ini, sebaiknya fokus terhadap upaya pemadaman kebakaran hutan sehingga tidak terus menyebar," kata Sofyan Wanandi kepada wartawan di Jakarta, Ahad (23/6). "Nanti, setelah padam baru ditelusuri siapa yang harus bertanggung jawab dan ditindak."

Menurut Sofyan, seharusnya saat ini semua pihak lebih fokus untuk mencari jalan keluar dan memadamkan api ketimbang melempar opini, mencari kambing hitam pihak mana yang paling bertanggung jawab di balik kebakaran.

Sofyan menegaskan sangat tidak bijak dengan menuding langsung perusahaan lokal maupun Singapura sebagai biang kerok kebakaran. Tentunya, tambah Sofyan, tudingan tanpa disertai bukti dan data yang akurat hanya akan menimbulkan sentimen negatif terhadap iklim investasi Indonesia di mata dunia internasional.

"Sebaiknya semua pihak baik itu legislatif, lsm atau siapa pun itu menahan diri untuk tidak memperkeruh suasana. Apalagi, kasus kebakaran hutan di Riau selalu terjadi tiap tahun dan terus berulang. Sedangkan pihak perusahaan sudah menerapkan 'zero burning policy'," katanya.

Menurut Sofyan, sebaiknya nanti baru dilihat apa penyebabnya, apakah karena sengaja dibakar atau karena faktor alam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement