Sabtu 22 Jun 2013 06:46 WIB

Jurus Menag Lobi Pemerintah Saudi

Menteri Agama Suryadharma Ali
Foto: Antara//Andika Wahyu
Menteri Agama Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Menteri Agama RI, Suryadharma Ali, mengatakan, pihaknya masih mencoba melobi Pemerintah Arab Saudi terkait pengurangan kuota haji sebesar 20 persen untuk masing-masing negara.

"Kami meminta jemaah haji di Indonesia, untuk bersabar terkait dengan adanya pemotongan kuota haji sebesar 20 persen, secapatnya kami akan melobi pemerintah Arab Saudi," katanya, saat berkunjung ke Cianjur, Jumat (21/6).

Rencananya, kata Menag, secara pribadi ia akan berangkat ke Saudi guna melakukan lobi ke pemerintah setempat. Namun saat ini, pihaknya masih menunggu kabar dari petinggi Saudi.

"Dalam pertemuan nanti ,pemerintah Indonesia akan berupaya meminta Arab Saudi membatalkan pemotongan kuota jemaah haji khusus Indonesia. Namun apabila pemotongan tidak bisa dihindari, kami akan meminta kuota haji Indonesia pada 2014 ditambah menjadi 120 persen," ucapnya.

Tidak hanya itu, pemerintah akan menuntut kerugian pada Pemerintah Saudi karena terlambat mengambil keputusan akibat Masjidil Haram tidak bisa selesai renovasinya pada masa haji saat ini.

Pemerintah Indonesia, tambah Menag, telah mengeluarkan sejumlah uang besarnya ratusan miliar dengan hitungan Rp 800 miliar yang telah dibelanjakan untuk persiapan haji 2013.

"Harapan kami seluruh calon jemaah haji asal Indonesia untuk bersabar karena kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin tidak ada pemotongan kuota," kata Ketua Umum DPP PPP itu mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement