Jumat 21 Jun 2013 15:40 WIB

Ketua DPR: Pedagang Besar yang Naikkan Harga Tak Punya Hati Nurani

Marzuki Alie
Foto: Antara/Reno Esnir
Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie mensinyalir kenaikan harga kebutuhan pokok yang mencapai 10-25 persen sebagai ulah pedagang besar. Hal ini diketahuinya dari SMS, Twitter, Facebook yang masuk dan mengeluhkan naiknya harga kebutuhan pokok.

"Yang menaikkan harga itu umumnya para pedagang besar. Mereka tidak punya hati nurani, tidak punya empati sosial, mengambil keuntungan saat orang susah," kata Marzuki saat melakukan kunjungan ke Pasar Jaya, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (21/6).

Ia pun meminta pemerintah melakukan pengawasan dengan memanggil para pengusaha besar. Khususnya yang memperdagangkan kebutuhan pokok sehari-hari.

"Karena sudah jelas, para pedagang itu kan terbatas. Yang mainkan harga adalah pedagang besar. Itu menyusahkan rakyat. Tadi saya dengar langsung dari pedagang kenaikan harga sudah dari sananya. Ya itu, dari pedagang besar," kata Marzuki.

Tak hanya berakibat kepada masyarakat, pedagang juga merasa dirugikan dengan tingganya harga karena barang dagangannya tidak laku. "Mereka (pedagang kecil) ambil keuntungan biasa. Mereka terpaksa menurunkan harga supaya pembeli datang. Saya harapkan pemerintah untuk mengantisipasi, merespon kenaikan harga ketika ada kenaikan BBM, kenaikan gaji. Karena dampaknya pada rakyat kecil," kata politisi Partai Demokrat itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement