Senin 17 Jun 2013 23:35 WIB

BKKBN: Calon Pasutri Penting Ikut Kursus Pranikah

Rep: Alicia Saqina/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Menikah.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menikah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Berencana Nasional (BKKBN) mengimbau agar setiap pasangan muda mengikuti kursus pernikahan, sebelum menikah. Kepala BKKBN, Fasli Jalal mengatakan, tujuan pelaksanaan kelas pra-pernikahan agar para pasangan muda dapat mengatur kualitas dan kehidupan keluarganya kelak.

''Sebab, setiap tahunnya setidaknya ada dua juta pasangan muda menikah baru. Kami ingin mereka sebelum menikah, mampu merancang masa depan keluarganya ke depan,'' kata Fasli, Senin (17/6), di Gedung BKKBN, Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

Masa kelas pra-pernikahan dianggap penting karena para pasangan akan diberikan materi pengetahuan seputar perencanaan berkeluarga hingga isu besar kependudukan global.

''Dalam kursus, diberikan pemahaman bagaimana angka kematian ibu dapat ditekan, apa yang harus dilakukan agar bayi yang dilahirkan beratnya di atas 2,5 kilogram,'' tutur Fasli. Termasuk di dalamnya, bagaimana mengatur kelahiran anak.

Fasli mengharapkan, agar seluruh keluarga Tanah Air menjadi keluarga yang sejahtera. Keluarga yang baik tingkat gizi, kesehatan, ekonomi, serta pendidikan anak-anaknya sangat baik.

Fasli menerangkan, jika sang pasangan enggan berlama-lama mengikuti proses pembekalan di kelas prapernikahan itu, maka kelengkapan pembelajaran telah disediakan dalam media lain.

Selain modul kursus di kelas, media pembelajaran interaktif lainnya juga bisa disimak lewat tayangan visual dari VCD yang diberikan BKKBN.

Kelas kursus ini akan diberikan berdasarkan ajaran masing-masing agama dan keyakinan pasangan yang ada di Indonesia. ''Kami pun akan meminta bantuan dari Dirjen Bimas empat agama yang ada. Ini, agar pengetahuan calon pengantin kita lengkap sekali,

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement