Senin 17 Jun 2013 02:13 WIB

Siap Berlibur ke Yogya? Waspadai Ini

Pantai Parangtritis
Foto: www.mediajurnalindonesia.com
Pantai Parangtritis

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA---Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta mengimbau kepada wisatawan yang hendak mengunjungi pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai tinggi gelombang laut di laut selatan perairan daerah ini yang diperkirakan mencapai 3 meter.

"Memang mulai hari ini hingga satu minggu ke depan gelombang perairan laut Selatan mencapai 2 hingga 3 meter. Gelombang tersebut patut diwaspadai wisatawan karena batas kewajaran gelombang seharusnya kurang dari 2 meter,"kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Tony Agus Wijaya.

Ia mengatakan tinggi gelombang laut Selatan disebabkan oleh kecepatan angin yang meningkat akibat tekanan udara rendah mencapai 40 km per jam. Tekanan udara tersebut terjadi di Samudra Hindia tepatnya di bagian Selatan Pulau Jawa. "Kecepatan angin lebih dari 30 km per jam mampu meningkatkan kecepatan gelombang," katanya.

Menurut dia tinggi gelombang tersebut perlu diwaspadai wisatawan yang berkunjung di seluruh pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement