Ahad 16 Jun 2013 09:01 WIB

Setahun, Kiriman Uang TKI Sukabumi Rp 1,4 Triliun

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Fernan Rahadi
Para TKI yang bekerja di Malaysia (ilustrasi).
Foto: Antara/Mika Muhammad
Para TKI yang bekerja di Malaysia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jumlah kiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sukabumi per tahunnya cukup besar. Pada 2012 lalu, jumlah kiriman uang dari para TKI mencapai sebesar Rp 1,4 triliun.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim kepada wartawan mengatakan, besarnya kiriman uang ini disebabkan jumlah TKI asal Sukabumi yang cukup banyak. Mereka tersebar di sejumlah negera terutama di negara timur tengah seperti Arab Saudi.

Menurut Ammar, dana yang besar tersebut dikirimkan para TKI kepada keluarganya di Sukabumi. Hal ini jelas berdampak positif pada tingkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, kata Ammar keberadaan para TKI harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Khususnya, dalam hal perlindungan ketika TKI mengalami masalah saat bekerja di luar negeri.

Ammar menerangkan, jumlah kiriman uang dari para TKI akan meningkat terutama menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. Peningkatan jumlah kiriman biasanya untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement