Selasa 11 Jun 2013 09:25 WIB

Perampok Enam Toko Emas Dibekuk Polisi

Perampokan toko emas, ilustrasi
Perampokan toko emas, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Lima pelaku perampokan di enam toko perhiasan emas dibekuk aparat kepolisian dari Satuan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Riau.

"Lima di antaranya adalah T, Lh, Zd, Zf dan Ls. Mereka warga Riau dan ada juga asal Sumatra Selatan," kata Kasubdit I Direskrimum Polda Riau, AKBP Onny Trimurti di Pekanbaru, Selasa (11/6).

Onny menyebut, kelima tersangka ditangkap pada waktu berbeda dan lokasinya berlainan setelah petugas sebelumnya cukup lama petugas memasukkan ke dalam datar pencarian orang (DPO). "Jumlah itu belum seluruhnya, karena ada satu lagi yang DPO dan kemungkinan juga masih ada penambahan tersangka lainnya," ujarnya.

Penangkapan kelima pelaku tersebut, kata Onny menerangkan, berawal dari informasi masyarakat yang begitu resah dengan maraknya peristiwa perampokan di Riau. Pelaku pertama yang berhasil diamankan berinisial Ls di Jalan SM Amin persimpangan Jalan Subrantas, Pekanbaru pada Senin (3/6).

Setelah itu, baru dilakukan pengembangan hingga akhirnya aparat berhasil meringkus empat tersangka lainnya, termasuk penadah barang hasil perampokan itu. "Perkiraannya, sekitar berjarak satu kali 24 jam dan dua kali 24 jam baru anggota berhasil meringkus empat tersangka itu," tutur Onny.

Saat ini, kelima pelaku telah ditahan di Mapolda Riau sekaligus menjalani pemeriksaan tim penyidik. Hasil pemeriksaan sementara, tutur Onny, diketahui dari lima tersangka itu yang merupakan eksekutornya adalah dua orang.

Seorang diantara eksekutor itu identitasnya telah diketahui, namun masih dalam pengejaran atau masih DPO.

Sementara beberapa tersangka lainnya, ada yang berperan sebagai mata-mata atau 'menggambarkan' suasana di lokasi yang diintai. "Kemudian ada juga yang menjadi penadah hasil barang curian itu. Hasil hidentifikasi, gembong perampok spesialis emas ini sudah terorganisasi sejak lama sehingga cukup sulit dilacak," imbuhnya menjelaskan.

Dari hasil penyidikan atas lima tersangka ini, masih kata Onny, petugas juga mendapati enam tempat kejadian perkara yang dilakoni oleh satu gembong ini. "Di antaranya yakni beberapa toko emas di Pasar Air Molek, Pangkalan Kerinci, Petapahan, Pasar Bangkinang, dan di Siak Hulu serta Pekanbaru," katanya mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement