Senin 10 Jun 2013 15:45 WIB

Parmusi Akan Mengaji untuk AlmarhumTaufiq Kiemas

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Dewi Mardiani
Bachtiar Chamsyah
Bachtiar Chamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PP Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi), Bachtiar Chamsyah mengatakan, akan mengajak para anggotanya untuk mengaji bagi almarhum Taufiq Kiemas yang meninggal Sabtu (8/6) lalu di Singapura.

"Saya sendiri memiliki hubungan yang erat dengan beliau, makanya sudah sepantasnya kami mendoakan beliau," katanya di Jakarta, Senin, (10/6). Saat Megawati menjadi presiden, ujar Bachtiar, ia menjabat sebagai salah satu menterinya. Saat itu  Taufiq sering mengunjunginya. "Beliau sering datang ke antor sayta untuk berbincang-bincang," ujarnya.

Kala itu, terang Bachtiar, beliau pernah menyatakan keinginannya untuk dimakamkan di makam pahlawan. "Saya bilang itu bisa saja tentunya  ada aturannya, yakni mendapatkan bintang mahaputra," terangnya.

Ternyata, ujar Bachtiar, ketika beliau menduduki jabatan Ketua MPR RI beliau bisa meraih bintang mahaputra. "Maka cita-cita beliau untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata akhirnya bisa tercapai,"ujarnya.

Semangat nasionalismenya yang tinggi, lanjut Bachtiar, merupakan hal yang paling dikenang dari Taufiq. Beliau tidak ingin ada perbedaan antara kelompok Islam dengan  nasionalis. "Beliau ingin agar kelompok Islam dan Nasionalis bersatu, ide itu bagus," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement