Ahad 09 Jun 2013 21:48 WIB

Taufiq Kiemas di Mata Masyarakat Tanahdatar

Petugas mengangkat foto almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas di rumah duka Jl Teuku Umar no 27 Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).
Foto: Antara/Reno Esnir
Petugas mengangkat foto almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas di rumah duka Jl Teuku Umar no 27 Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPANJANG  -- Masyarakat Jorong Sungai Ungkang, Nagari Sabu, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat mengenal sosok almarhum Taufiq Kiemas seorang yang dermawan.

"Almarhum Tafiq Kiemas sering memberikan bantuan ke nagari kami ini," kata salah seorang Warga Jorong Sungai Ungkang, Adri, Minggu (9/6).

Semenjak Tafiq Kiemas diangkat sebagai seorang datuak Basa Batuah di Nagari tersebut 2003 lalu, kata dia, bantuan demi bantuan sering dikucurkan ke nagari itu, baik berupa dana maupun barang.

"Seperti bantuan perbaikan jalan menuju 'Surau Balenggek' dari jalan raya beberapa tahun lalu," sebutnya.

Tidak itu saja, kata pria berperawakan sedang ini, pada gempa bumi yang melanda daerah Tanahdatar dan sekitarnya termasuk Nagari Sabu tersebut tahun 2007 almarhummah juga memberikan bantuan sekitar Rp100 juta.

"Bantuan itu langsung Pak Taufik Kiemas ke Nagari Sabu ini. Termasuk juga masjid yang ada di Jorong Sungai Ungkang," kata dia.

Almarhum Taufiq Kemas semasa hidupnya menjadi seorang penghulu di Persukuan Sikumbang pada tahun 2003 melalui acara "melewakan datuak" dengan menyemblih seekor kerbau di Surau Balenggek daerah setempat.

Almarhum Taufiq Kiemas diberi gelar Datuak Basa Batuah, yang dinaungi oleh pucuk adat datuak Kayo di persukuan Sikumbang tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement