Ahad 09 Jun 2013 16:29 WIB

Pendaftaran Ditutup, 5 Pasangan Balon di Pemilukada Kota Tangerang

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sudah menutup pendaftaran bakal calon (balon) dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang yang dibuka sejak 2–8 Juni 2013.

Ada lima pasangan balon sudah resmi terdaftar yang diusung dari sejumlah gabungan Partai Politik (Parpol). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Syafril Elain memaparkan pada hari terakhir pendaftaran yaitu Sabtu (8/6) ada dua pasangan balon yang mendaftar.

"Pendaftaran sudah kami tutup, Ada lima pasangan balon untuk Pemilukada Tangerang," tuturnya kepada Republika, Ahad (9/6).

Menurut dia, pasangan Abdul Syukur–Hilmi Fuad dan HMZ–Iskandar menjadi balon yang terakhir mendaftar pada Sabtu, (8/6). Pasangan balon Abdul Syukur dan Hilmi Fuad saat mendaftar membawa surat rekomendasi dari Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) , Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Karya Peduli Bangsa.

Abdul Syukur merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kota Tangerang yang mencalonkan sebagai balon wali kota bersama Hilmi Fuad sebagai Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tangerang.

Selain itu, pada Sabtu (8/6) sekitar pukul 21.30 WIB pasangan balon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Harry Mulya Zein (HMZ) dan Iskandar Zulkarnain menjadi pasangan terakhir yang mendaftar.

HMZ merupakan Sekda Kota Tangerang saat ini dan Iskandar adalah Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tangerang. Kedua pasangan ini diusung PPP, PKNU dan Partai Gerindra.

Namun DPC Partai Gerindra Kota Tangerang mengalihkan dukungan kepada pasangan balon dari Partai Demokrat Arief R Wismansyah- Sachrudin.

'Mulai hari ini KPU akan melakukan verifikasi berkas dari sejumlah balon yang sudah terdaftar," ujar Syafril.

Adapun kelima pasangan balon yang sudah terdaftar di KPU untuk Pemilukada Kota Tangerang nanti adalah pasangan Arief Wismansyah dan Sachrudin yang didukung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerindra.

Pasangan kedua adalah Ahmad Marju Kodri dan Gatot Suprijanto yang diusung Partai Hanura dan 22 partai non parlemen. Selanjutnya pasangan balon Deddy ‘Miing’ Gumelar dan Suratno Abubakar yang direkomendasikan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasangan keempat Abdul Syukur dam Himi Fuad yang didukung Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).

Terakhir adalah pasangan Harry Mulya Zein dan Iskandar Zulkarnain yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement