Ahad 09 Jun 2013 00:17 WIB

Ini Pidato Taufiq Kiemas di Hari Lahir Pancasila

Rep: Esthi Maharani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Taufiq Kiemas
Foto: Republika / Tahta Aidilla
Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Ketua MPR, Taufiq Kiemas memberikan pidato kenegaraannya. Pada saat itu, sejarah sedang diukir. Sebab, pertama kali dalam sejarah peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati di luar gedung MPR.

Taufiq Kiemas, sebagai ketua MPR memberikan persetujuannya untuk hal tersebut. Bahkan ia menyambut baik dengan mengatakan dan tidak menutup kemungkinan peringatan serupa digelar ditempat lain yang punya nilai sejarah.

“Mudah-mudahan gagasan ini (peringatan hari lahir pancasila) dapat kita lakukan di tahun-tahun berikutnya bisa dirayakan di tempat para pendiri bangsa ini berjuang,” katanya di hadapan Wakil Presiden, Boediono dan masyarakat Ende 1 Juni lalu.

Ia pun sempat menyinggung tentang sisa masa tugas di MPR yang tinggal satu tahun. Taufiq Kiemas berharap siapapun yang menggantikannya tidak lupa dengan dasar negara yakni Pancasila.

“Mudah-mudahan yang menggantikan saya tidak lupa masalah dasar negara yakni Pancasila,” katanya sedikit menjelaskan kepada Wapres.

Di Hari Lahir Pancasila itu pula, Taufiq Kiemas kembali mengingatkan tentang intisari Pancasila yang memiliki akar kuat dalam sejarah Indonesia.

Nilai tersebut, lanjutnya telah melekat dan dekat dengan subjektifitas peradaban dan waktu di tanah air. Karena itu, ia mengharapkan, pesan moral tersebut tidak hilang. “Kami harapkan bisa sampaikan person moral dan jangan sesekali tinggalkan sejarah bangsanya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement