Sabtu 08 Jun 2013 20:40 WIB

Para Kolega Biasa Memanggil Taufiq Kiemas 'Ketua Kelas'

Taufiq Kiemas
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berduka. Salah satu putra terbaik bangsa Indonesia, Taufiq Kiemas wafat pada usia 70 tahun. Sosok ketua MPR RI itu pun begitu dikenang oleh tokoh-tokoh nasional.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie pun berduka atas wafatnya suami dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

''Atas nama pribadi dan keluarga saya mengucapkan duka yang sangat dalam atas meninggalnya almarhum Bapak H Taufiq Kiemas, '' ujar Jimly kepada ROL, Sabtu (8/6).

Menurut Jimly, Taufiq Kiemas adalah pejabat tinggi paling senior di negara Indonesiasekarang ini.

''Sehingga, Taufiq Kiemas biasa disebut sebagai Ketua Kelas oleh para kolega. Kepergiannya jelas meninggalkan bekas yang sangat berarti bagi segenap anak bangsa,'' tutur Jimly.

Ia menilai Taufiq sebagai sosok yang luwes bergaul ditambah posisinya yang paling senior di antara semua politisi dan pejabat.

Taufiq, kata dia, hadir di tengah kohesivitas pelbagai kelompok yang cenderung renggang. "Posisi dan peran Taufiq Kiemas sebagai jembatan komunikasi antargolongan sangat terasa kita butuhkan.''

Jimly berharap akan muncul kembali banyak tokoh seperti Taufiq Kiemas.

'Marilah kita berdoa untuk almarhum, kiranya diterima di tempat yang terbaik oleh Allah Swt. Indonesia berduka dan berdoa untuk almarhum."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement